Bukan berarti google mengganti maskotnya dengan panda atau penguin. Bukan juga mereka memelihara kedua binantang ini. Lalu apa maksud dari Google Panda dan Google Pinguin ?
Baik, sedikit saya terangkan dari berbagai sumber, kedua nama binatang dari Google tersebut adalah merupakan sebuah algoritma yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencari google.

Masih ingat dulu ketika kita mengetikan keyword di google yang muncul pada pageone dan teratas itu apa ? Ya, sebuah situs index yang hanya menyerap keyword kita tetapi isinya hanya iklan dan tidak jelas blog macam apa dan malah berputar-putar pada blog tersebut.

Oke kembali pada kedua Binatang” tersebut.

Pertama Google Panda dirancang untuk berusaha menampilkan blog atau website yang berkualitas dan tidak hasil copy-paste, dan original. Biasanya Google Panda mengarah blog/website yang isinya banyak copy-paste bahkan full. Intinya Google Panda lebih berfokus pada kualitas Konten.
Kedua Google Penguin Secara nama pasti terbayang pinguin imut dan lucu. Binatang kutub utara ini bertujuan untuk menghukum atau menghapus blog yang menggunakan cara Black Hat SEO seperti keyword stuffing, cloacking, doorway pages, dll. Kesimpulannya Google Penguin ini lebih fokus pada wbsite dan hasil pencarian.

Bingun dengan istilah asing diatas ? :D Jangan buru-buru beranjak dulu. Nih aku jelasin ya J
  •  Keyword Stuffing, menempatkan kata kunci (keyword) yang sangat banyak di sebuah artikel bertujuan untuk mendapatkan posisi pertama untuk kata kunci tersebut
  • Cloacking yaitu teknik yang dapat memanipulasi bot atau robot Google dengan memberikan gambaran yang relevan di mesin Google Search Engine tetapi saat di klik ternyata isi nya tidak sesuai dan jauh dari deskripsi si Google
  • Doorway Pages adalah Menempatkan keyword pada sebuah halaman website, yang nanti merupakan isi yang sama dengan blog saat kita mengetikan kata kunci pada Google tetapi saat kita klik blog yang berisi keyword itu malah mengarahkan ke blog/website lain.
Masih bingung juga ya ? Saya juga sama bingungnya ngejelasin ini :D
Tapi pada dasarnya Google Panda dan Google Pingun itu adalah sebuah algoritma yang menyempurnakan hasil pencarian di mesin pencari Google yang selalu di update oleh Tim Google seperti yang di umumkan oleh Matt Cutts (head of the webspam team google)


Nah sudah kenal dengan kedua artis google ini ? Tidak usah khawatir, selama blog kita bukan hasil copas dan menggunakan teknik SEO yang sewajarnya, jangan takut sama algoritma Google tersebut. Peliharalah si Panda dan Pinguin itu, maka mereka pun akan jinak kepada kita :D

Semoga Bermanfaat, Ahmad Hakim

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top